7 Tempat wisata jakarta

Jakarta merupakan ibu kota sekaligus pusat pemerintahan Negara Republik Indonesia. Hal tersebut turut menjadikan kota ini menjadi kota metropolitan yang terbesar di Asia Tenggara. Dibalik kemacetan dan kepadatan penduduknya, Jakarta menawarkan berbagai tempat liburan yang sayang untuk dilewatkan. Dari wisata sejarah, wisata keluarga, hingga wisata belanja semua tersedia.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tempat wisata di Jakarta yang patut Anda kunjungi.

Tempat Liburan di Jakarta

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebi dikenal dengan Tugu Monas merupakan sebuah bangunan yang menjulang tinggi dengan tinggi sekitar 32 meter. Monumen ini menjadi sebuah simbol kemerdekaan Republik Indonesia yang kemudian menjadi ikon kota Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Pada awalnya Monas didirikan untuk mengenang jasa pahlawan yang mempertaruhkan jiwa dan raga mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Digagas oleh presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno, Monas memiliki mahkota lidah api yang terbuat dari lapisan emas murni.

Jika ingin mengetahui sejarah bangsa Indonesia tercinta, Anda bisa mengunjungi Monas sebagai destinasi utama dari liburan Anda.

Salah satu tempat liburan murah di Jakarta ini beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Namun, setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya, pelayanan akan ditutup untuk umum.

Harga tiket masuk yang dikenakan cukup terjangkau yakni Rp. 5.000 untuk dewasa, Rp. 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Sementara jika ingin menggunakan lift untuk sampai ke puncak akan dikenakan biaya tambahan dimana Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak-anak dan mahasiswa.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Objek wisata di Jakarta yang pas untuk dijadikan wahana rekreasi dan edukasi adalah Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Disini Anda bisa melihat rumah-rumah adat dari Sabang hingga Merauke. Tidak salah jika TMMI ini disebut sebagai miniaturnya Indonesia.

Tempat wisata dengan luas 150 hektare ini berlokasi di Jakarta Timur dan beroperasi Senin hingga Minggu. Dengan harga tiket berbeda-beda tiap wahananya.

3. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan merupakan salah satu tempat hiburan di kawasan Taman Impian jaya Ancol, Jakarta Utara. Wahana yang tersedia di Dufan cukup bermacam-macam dan penamaannya pun disesuaikan dengan tema tempat terterntu.

Misalnya ada kawasan Eropa mengusung tema ala-ala Eropa nun jauh disana sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi dari benua biru tersebut. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan imajinasi para pengunjung dan tentu saja menghadirkan keseruan yang tak terlupakan.

Karena segudang wahana yang ditawarkannya,  Dufan menjadi i salah satu objek wisata anak di Jakarta. Anak-anak bisa mengeksplorasi wahana-wahana yang seru dan bia bermain sepuasnya.

Harga tiket yang ditawarkan cukup beragam. Untuk harga tiket reguler adalah Rp. 190.000 untuk hari biasa dan Rp. 270.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Untuk tiket premium dibandrol dengan harga Rp. 350.000 untuk hari biasa dan Rp. 450.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Sementara untuk perpanjangan tiket annual pass adalah Rp. 350.000 baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

4. Kebun Binatang Ragunan

Wisata Jakarta yang bertema flora dan fauna adalah kebun Binatang Ragunan yang terletak di Jalan Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan.

Di kebun binatang ibi terdapat sekitar 270 spesies binatang dan sekitar 171 spesies bunga dan tanaman. Kebun binatang pertama di Indonesia ini mempunyai luas 140 hektare dan dibangun pada tahun 1864.

Tempat wisata ini menjadi tempat alternatif liburan keluarga terutama saat hari libur tiba.

Dinaungi sekitar 50.000 pohon membuat tempat wisata ini sejuk dan rindang dan sejenak terlepas dari polusi udara Jakarta diluar sana. Anda bisa mengunjungi kebun binatang ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Dewasa akan dikenai tarif Rp. 4.000/orang dan Rp. 3.000 untuk anak-anak. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk harga untuk wahana tertentu seperti menaiki kuda tunggang, kereta kelilng, unta tunggang, dan lainnya.

5. Ocean Ecopark

Ocean park merupakan salah satu tempat wisata di jakarta yang menawarkan sensasi “back to nature”. Masih berlokasi di kawasan Ancol tepatnya Jalan Lodan Timur no.7, Ancol, Pademangan, Jakarta bagian utara.

Selain sering menjadi lokas manggung oleh penyanyi kenamaan baik dalama maupun luar negeri, Ocean Ecopark menyajikan wahana-wahana yang tematik dan asyik. Terdapat sektar 4 tema seperti Eco Care, Eco Art, Aco Energy, dan Eco Nature.

Harga tiket masuk  gerbang tempat wisata favorit ni adalah Rp. 25.000 per orang belum termasuk baya parkir kendaraan. Untuk menikmati permainan-permainan yang ditawarkan seperti kano, paintball shooting, dan oubondholic akan dikenakan biaya tambahan.

Eco Park merupakan tempat ideal untuk rekreasi yang didalamnya terdapat proses edukasi dimana anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan alam sepeti menanam dan lainnya. Bagi yang ingin memboyong oleh-oleh, ada eco-market yang menyediakannya.

6. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempat liburan di Jakarta yang bernuansa bahari. Sesua dengan namanya, Kepulauan Seribu terdiri dari beberapa pulau indah dan memukau setiap pengunjungnya.

Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau harapan, Pulau Pari, dan pulau-pulau eksotik lainnya. Hal yang bisa Anda lakukan di pulau-pulau tersebut adalah menikmati keindahan laut yang membiru da membentang luas, pasir putih, anekan water sport dan pesona matahari tenggelam.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, Anda harus menyebrang dari Muara Angke dengan menggunakan kapal laut seperti KM Kerapu. Jam operasional untuk membeli tiket kapal adalah dari pukul 06.30 sampai 7.30 WIB.

Sementara jam keberangkatan kapal dari Muara angke adalah jam 08.00 sementara kerangkatan dar pulau adalah pukul 13.00. Terdapat banyak rute atau pilihan lintasan yang ditawarkan dan tarif yang dipatok juga bervariasi mulai dari Rp. 42.000 sampa Rp. 72.000

7.Kota Tua

Ingin menikamati suasana Batavia? Datang saja ke Kota Tua. Disini akan akan disuguhkan susana masa lalu dari arsitekrut bangunan yang begitu klasik dan menarik.

Untuk mengelilingi kawasan Kota Tua ini, Anda bisa memanfaatkan sepeda ontel yang disewakan oleh pengelola. Sembari berkeliling-keliling ria, jangan lupa untuk sejenak singgah ke museum yang juga ada disana.

Cukup hanya dengan membayar Rp. 2.000 sampa Rp. 5.000 Anda bisa mendapatkan tambahan pengetahuan sejarah jakarta di masa lalu. Tak heran jika Kota Tua menjadi tempat liburan murah di Jakarta.

Saat hari mulai menjelang malam, para pedagang akan semakin ramai berdatangan menjajakan dagangannya. Mulai dari makanan, pakaian, hingga souvenir lainnya semua tersedia hanya tinggal pilih yang mana yang sesuai selera.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau terutama untuk yang pintar bernegosiasi alias tawar menawar. Jika Anda ingin menikmati suasanan ala cafe, jangan khawatir segala macam resto dan cafe lengkap tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *