9 Tempat Menarik Untuk Wisata Malam di Jakarta

Berwisata di Jakarta tidak dilakukan pada akhir pekan saja. Bagi kamu yang mempunyai kegiatan yang terlalu padat dari pagi hingga siang hari, maka malam hari adalah pilihan yang tepat untuk berwisata di Jakarta.

Dari pada terjebak macet yang tidak pernah usai di jalanan Jakarta,  kita menyarankan untuk “nongkrong” sebentar supaya kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata malam di Jakarta berikut ini.

1. Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari

1

Kota Tua Jakarta atau Batavia Lama (Old Batavia), hanyalah sebuah wilayah kecil di Jakarta. Namun, siapa sangka pada abad ke-16, Kota Tua dijuluki sebagai permata Asia karena merupakan pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dengan sumber daya melimpah.

Sering berjalannya waktu, Kota Tua yang dirancang dengan arsitektur bergaya Belanda menjadi situs warisan Budaya Jakarta. Tepatnya, ketika Jakarta dipimpin oleh Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1972.

Tidak hanya di pagi dan siang hari, kawasan Kota Tua di Jakarta Barat juga ramai saat malam hari. Berbagai bangunan tua yang menjadi tempat wisata seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Keramik bisa dikunjungi hingga malam.

Selain mengunjungi museum, kamu juga bisa berkeliling melihat Kota Tua dengan berkunjung ke Taman Fatahillah, Jembatan Kota Intan, hingga Gedung Cipta Niaga.

Tidak perlu khawatir jika perut sudah mulai terasa keroncongan. Karena di Kota Tua banyak sekali pedagang yang sudah mulai tertata rapi menjajakan beberapa makanan yang siap mengisi perut.

Silakan datang ke Kawasan Kota Tua yang berada di Jakarta Barat, berbatasan dengan Jakarta Pusat. Ada beberapa paket wisata malam hari bagi kamu yang bingung mau memulai tur dari mana.

2. Wisata Malam Romantis di Segarra Ancol Jakarta

2

Nah! Bagi yang ingin menikmati wisata malam nan romantis, kamu bisa berkunjung ke Segarra Beach Club yang terletak di teluk kota Jakarta. Tempat ini cocok untuk menikmati matahari terbenam ditemani angin pantai yang sejuk.

Sembari menikmati pemandangan wisata yang romantis di teluk Jakarta Utara, kamu juga bisa memilih berbagai menu pilihan dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat perkotaan.

Selain itu, sisi romantis tidak hanya akan didapatkan saat berada di pinggir teluk saja. Suasana yang hangat untuk berbagi cinta bersama pasangan juga bisa didapatkan ketika berada di dalam ruangan.

Dengan suasana lampu yang tidak terlalu terang, kamu dan pasangan bisa menikmati romantis dengan iringan lagu-lagu yang dibawakan band tamu yang disediakan pengelola Segarra Beach Club.

Alamat: Jl. Lodan Timur No. 7, Pantai Carnaval, Ancol, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Telepon: (021) 64710101
Jam Buka: Senin – Minggu / 12:00 – 24:00 WIB

3. Wisata Malam Jakarta di Setu Babakan

3

Siapa bilang hanya Bandung dan Bogor yang punya setu? Jakarta pun punya tempat seperti ini dan terkenal dengan sebutan Setu Babakan. Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Setu Babakan dulunya dianggap tempat yang angker.

Cerita tentang banyaknya mahluk halus yang sering “nongkrong” di Setu Babakan menjadi salah satu alasan, tempat ini tidak diminati sebagai tempat wisata. Selain itu, tempatnya yang tidak terawat dan penuh dengan rawa menjadi salah satu alasan Setu Babakan bukanlah pilihan populer untuk berwisata.

Namun, pemerintah daerah Jakarta Selatan menyulap Setu Babakan menjadi tempat yang bersahabat dan dapat dinikmati sebagai tempat wisata sekaligus kawasan Perkampungan Budaya Betawi. Salah satu upaya yang dilakukan pemda DKI adalah menyediakan rumah adat Betawi yang memiliki pemandangan Setu Babakan di malam hari menjadi lebih menarik.

Bahkan beberapa anak muda di pun sering “nongkrong di mala hari hanya untuk menikmati kesejukan yang dihadirkan oleh Setu Babakan.

Meskipun tempat wisata di Setu Babakan hanya dibuka pada pukul 08:00 pagi hingga 18:00 sore, namun pada kenyataanya banyak masyarakat yang masih menikmati Setu Babakan di malam hari.

Datanglah ke Jl Muhammad Kahfi II – Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan dan nikmati pesona wisata Betawi di sini.

4. Wisata Malam Murah di Taman Ismail Marzuki

Taman-Ismail-Marzuki-TIM-Planetarium

Berada di pusat kota dan dibuat tidak nyaman dengan kebisingan Jakarta? Kamu bisa berkunjung ke Taman Ismail Marzuki untuk melepas lelah sekaligus menikmati wisata seni yang ditawarkan tempat ini. Bahkan tempat ini biasa dijadikan ‘meeting point’ bagi para penikmat suasana malam Jakarta.

Taman Ismail Marzuki atau yang disingkat dengan TIM awalnya adalah ruang rekreasi umum ‘Taman Raden Saleh’ (TRS) yang merupakan Kebun Binatang Jakarta. Namun, tempat ini diubah menjadi tempat budaya bagi masyarakat Jakarta, sehingga akhirnya pada tanggal tanggal 10 November 1968, Taman Raden Saleh berganti nama menjadi Taman Ismail Marzuki.

Setelah berganti nama menjadi Taman Ismail Marzuki kamu bisa melihat berbagai macam pertunjukan seperti teater, tari, hingga diskusi buku. Tidak jarang pula berbagai kegiatan yang mengundang seniman internasional untuk berbagi pertunjukan di tempat ini.

Seiring perkembangan zaman, Taman Ismail Marzuki pun kini sudah dilengkapi dengan kehadiran salah satu bisoksop terbesar di Indonesia. Selain itu, di Taman Ismail Marzuki juga terdapat Planetarium, yang merupakan sarana wisata pendidikan yang dimana kita bisa belajar tentang simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Bisa diakses sejak pagi hingga sore hari.

Silakan menikmati suasana malam di Taman Ismail Marzuki dengan berbekal alamat Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5. Wisata Monas Jakarta di Malam Hari

monas

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas sejatinya adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia.

Awal mulanya, Monas mulai dikerjakan pada 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan diperkenalkan pada masyarakat 12 Juli 1975.

Di dalamnya terdapat beberapa monumen-monumen kecil dan juga museum yang yang dapat kamu kunjungi. Awalnya, Monas hanya dapat dinikmati dari pukul 08.00 – 15.00 WIB, namun dibawah kepemimpinan Gubernuh DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Monas kini bisa dinikmati hingga malam hari.

Wisata Malam Monas dapat dinikmati warga setiap Selasa hingga Minggu, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Untuk hari Senin, kawasan wisata Monas ditutup untuk pemeliharaan dan perawatan rutin.

Meskipun begitu, bagi kamu yang ingin menikmati suasana Monas hingga malam hari jangan sampai kehabisan tiket. Karena pihak pengelola hanya menyediakan 700 tiket hingga pukul 21.00 WIB.

6. Wisata Kuliner Malam di Pasar Baru

Pasar-Baru

Pasar Baru bukanlah sebuah tempat perbelanjaan yang diresmikan baru-baru ini, namun sudah memiliki usia ratusan tahun! Didirikan pada tahun 1820, saat Jakarta masih bernama Batavia, pasar ini merupakan pusat mode di masa lalu.

Di tempat ini kamu akan menemukan banyak pedagang yang berjualan kain, pakaian, hingga perlengkapan olah raga. Seiring perkembangan zaman, Pasar Baru berubah dari pusat mode menjadi salah satu tempat wisata malam Jakarta yang wajib kamu kunjungi.

Ketika perut sudah terasa lapar setelah berjalan-jalan, kamu bisa menemukan banyak tempat kuliner yang layak untuk dijelajahi. Mulai dari Bakmi Gang Kelinci, Bakmi A Boen, hingga toge goreng. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp40.000,- hingga Rp100.000,-

Satu lagi, Pasar Baru juga merupakan tempat favorit untuk para fotografer. Bukan hanya untuk memotret kegiatan warga di malam hari, namun untuk melihat-lihat berbagai macam jenis kamera, termasuk kamera analog lhoh!

Pasar Baru berlokasi tak jauh dari Masjid Istiqlal, masuk ke wilayah Sawah Besar Jakarta Pusat.

7. Wisata Jakarta Malam Hari di Jembatan Kota Intan

Jembatan-Intan

Bagi yang ingin menikmati malam sambil berfoto ria, maka jembatan kota Intan yang tidak jauh dari lokasi wisata kota Kota Tua Jakarta merupakan pilihan yang tepat.

Warnanya merah pekat, tidak pernah memudar padam meskipun hilang ditelan gelap malam. Ditambah pencahayaan dari beberapa lampu yang dipasang di sekitar jembatan membuat tempat wisata ini menjadi pilihan banyak masyarakat dan wisatawan saat malam hari.

Selain untuk tempat wisata malam di Jakarta, jembatan ini juga sering buat dijadikan tempat berbagai macam kegiatan, dari wisata observasi budaya bernilai sejarah, serta lokasi untuk pengambilan gambar bagi para fotografer.

Untuk menikmati wisata malam di Jembatan kota Intan, kamu tidak perlu membayar karena tempat yang Instagramable ini bisa dikunjungi gratis! Silakan datang ke lokasi yang berada di  RT 8 / RW 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Barat kapan saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *