Hutan kota Situ Rawa Dongkal – Pepohonan Asri Di Kota

Hutan kota Situ Rawa Dongkal merupakan Kawasan hutan kota yang terbentuk dalam satu kesatuan areal yang kompak diantara pepohonan dengan situ-situ. Jenis ini untuk melerai berbagai jenis pencemaran udara dan berfungsi sebagai resapan air. Dalam rencana pengembangannya kawasan ini akan diupayakan dengan berbagai macam jenis, namun hingga kini baru Mahoni (sweitania mahagoni), Ketapang (terminalia catapa), Trembesi (samanea saman), Angsana (pterocarpus indicus), Flamboyan (delonix regia), Bungur (lager stromea speciosa), Kirai payung (filicium deficien), Glondogan (plyanthia sp), Tanjung (mimomosops elengi), Bambu apus (bambusa sp), Kaya (kaya anthoteca), dan beberapa jenis lainnya. Nilai kerapatan yang ada cukup tinggi dengan nilai pada plot yang dilakukan 5.400 Ind/Ha.

Raja-Kamar-322g-Jakarta-Wisata-Danau-Murah-di-Jakarta-2

Kawasan hutan kota ini selain berfungsi sebagai kawasan resapan air, penyangga lingkungan permukiman, sangtuari satwa, koleksi pelestarian plasma nutfah, dan wahana rekreasi/wisata. Fasilitas yang ada di hutan kota ini berupa pagar pengaman dan plang peringatan dan belum ada fasilitas tambahan ke arah pengembangan.

Di kawasan hutan ini juga terdapat Satwa liar, yang sering dijumpai adalah jenis burung, seperti Emprit (lonchura sp),Prenjak (prinia sp), Bondol (lanchura sp), dan Kutilang (pycnonotus surigaster). Lainnya adalah Kadal (mabuia sp), Tikus (raffus sp) dan beberapa jenis serangga meliputi Kupu-kuning, Belalang, Kalajengking dan beberapa jenis lainnya.

Hutan-Kota-Kembangan-Utara

Luas kawasan hutan kota berdasarkan penetapannya 10,0 Ha, yang secara geografis terletak pada 6O23’6” LS dan 106O45’11” BT. Berdasarkan wilayah administrasi pemerintahannya, kawasan ini termasuk dalam wilayah kota Jakarta Selatan, Kecamatan Jagakarsa. Untuk mencapai kawasan ini, dapat ditempuh melalui jalan Raya Ciganjur Jakarta Selatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *