Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Wisata Alam di Pesisir Jakarta

Apa Sih Hutan Mangrove Itu? Apa Saja Manfaatnya?

Hutan mangrove adalah ekosistem hutan yang berada di daerah pantai. Hutan tersebut terdiri dari pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan yang mengandung kadar garam tinggi.

Mangrove tidak tumbuh di pantai yang terjal dan berombak besar dengan arus pasang surut yang kuat, karena hal ini tidak memungkinkan terjadinya pengendapan lumpur dari pasir, sebagai substrat yang diperlukan untuk pertumbuhannya.

Ciri tanaman mangrove memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Jika dilihat, hutan mangrove ini seperti semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut.

Saat pergi jalan-jalan ke pantai, seperti pulau seribu misalnya, tidak jarang kamu akan melihat hutan mangrove. Karena hutan mangrove ini memiliki peran yang sangat penting.

Banyak manfaat dari hutan mangrove, seperti yang telah banyak orang ketahui hutan mangrove ini sangat berperan untuk mencegah terjadinya abrasi.

Seperti Apa Wisata Alam Hutan Mangrove PIK?

Penasaran seperti apa kawasan wisata alam pantai indah kapuk itu? Sini, yang jauh mendekat, yang dekat merapat.
Hutan Mangrove Pik adalah sebuah wisata alam yang menyuguhkan keasrian hutan bakau dengan spot kece yang dibuat khusus untuk para turis yang sengaja berwisata kesini.
Spot Cantik untuk Selfie di Kawasan Hutan Mangrove PIK

Kawasan wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Karena memiliki konsep alam konservasi, segingga bisa mengedukasi anak akan pentingnya menjaga alam dan mengenal beberapa spesies flora dan fauna didalam kawasan Hutan Mangrove PIK.

Lalu spot unik dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan?

1. Masjid unik diatas air
Masjid Hutan Manggrove
Tidak jauh dari gerbang masuk kamu akan menemukan masjid berkonsep unik yang dibangun menggunakan kayu.

Selain untuk beribadah, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan dari belakang mushala tersebut. Ikan-ikan disanapun tak sungkan menampakan diri dipermukaan air, indah deh.
masjid hutan mangrove pik

2. Dekorasi payung yang colorful
payung
Payung payung yang bergelantung, tepat disamping kantin. Berupa lapangan kosong dengan tempat duduk memanjang di sampingnya. Selain disamping kantin, spot favorit untuk foto seperti ini juga berada di panggung tengah lapangan.

3. Mini outbound cocok untuk anak-anak
mini outbound
Saat kamu berjalan lurus, tepat di depan kantin, ada jembatan gantung seperti jaring jaring yang dirangkai menggunakan tambang. Anak-anak akan betah bermain disini, but hati-hati ya guys, awasi mereka!

4. Jembatan gantung dan pos perahu
jembatan gantung
Pos tempat penyewaan perahu dayung. Ditengah perairan terdapat panggung. Jika ingin berfoto disitu, kamu harus melewati jembatan gantung. Dan jembatan gantung tersebut menjadi salah satu tempat yang ramai diminati pengunjung untuk berfoto.Tepat di depan jembatan gantung, ada serangkaian pohon yang digantungi lampu lampion dengan beraneka warna.

5. Menara pandang
menara pandang
Menikmati semilir angin pesisir dari ketinggian. Letak menara ini baru akan terlihat ketika Anda berada di areal camping ground.

Karena kawasan wisata alam hutan mangrove pik cukup luas kamu wajib naik menara ini agar semua pemandangan bisa kamu nikmati dari atas.

Jadi, bagi kamu yang ingin berjalan jalan keliling tempat wisata hutan mangrove pik, lebih baik naik ke atas menara.

Selain bisa menikmati pesona alam yang begitu indah dari atas, kamu pun bisa tahu tempat mana yang bagus untuk disinggahi terlebih dahulu.
menara pandang hutan bakau pik

6. Camping house unik
camping house
Disamping menara terdapat rumah rumah mungil. Rumah tersebut adalah penginapan yang telah disediakan dari pihak pengelola penginapan hutan mangrove pantai indah kapuk wisata alam hutan mangrove pik untuk para pelancong yang ingin menginap disana.

7. Naik perahu menyusuri hutan bakau
perahu
Ingin menikmati hutan mangrove PIK lebih dekat? Kamu bisa menyewa perahu di Hutan Mangrove Jakarta.

Disini terdapat setidaknya 2 jenis perahu, yaitu perahu boat yang dikemudikan petugas atau menaiki perahu yang kamu dayung bersama pasangan? Bisa diatur 🙂

perahu hutan mangrove pik
8. Prewedding
prewed hutan mangrove
Pengen konsep preweddingmu kece berlatar belakang alam terbuka? Hutan mangrove Jakarta bisa dijadikan pilihan prewedding unik, jarak yang tidak terlalu jauh juga akan menekan biaya prewedding kamu kan 🙂

9. Menara Burung

menara burung

Disini kalian bisa menikmati indah dan sejuknya alam pesisir jakarta, menghindari dari keramaian dan kebisingan kendaraan di kota. Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hijau alam mangrove dan air yang tenang. Tak ketinggalan angin sepoi-sepoi akan menghapiri wajah kalian dengan begitu lembutnya. Pokoknya, sulit untuk dibayangkan.

Taman wisata alam angke kapuk ini memang cocok banget buat piknik rame-rame.

Selain area yang sangat luas, fasilitas pendukung yang sangat lengkap, kalianpun gak perlu ngeluarin banyak uang, karena berwisata di taman wisata alam pantai indah kapuk ini sangat terjangkau.

-Biaya parkir

Motor Rp.5000
Mobil Rp. 10.000
Bus Rp. 50.000

-Tiket masuk

Lokal Rp. 25.000
Turis Rp. 250.000

-Menanam pohon

Paket wisata menanam mangrove Rp 150.000
Paket menanam mangrove dengan papan nama instansi/pribadi Rp 500.000

-Sewa perahu

6 orang: Rp 250.000 per perahu
8 orang: Rp 350.000 per perahu
Sewa canoe Rp 100.000 per 45 menit

-Penginapan hutan mangrove PIK (tarif per malam)

Camping house di darat Rp. 300.000
Rumah Tenda Atas Air Non-AC Rp. 450.000
Rumah Tenda Atas Air AC Rp. 600.000
Villa Rp. 1.300.000 – Rp. 6.000.000
-Tarif Tambahan untuk Kamera non-handphone

Ketika kamu menukarkan tiket, kamu pasti akan ditanya oleh petugas tiket tersebut apakah kamu membawa kamera selain kamera hp atau tidak. Karena kamu tidak diijinkan untuk berfoto bebas menggunakan kamera selain dari hp.

Jika kamu ingin menggunakan kamera selain hp, seperti kamera SLR, DSLR, DIGITAL, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp. 1.500.000. Dan tidak lupa juga, kamu akan diberi kantung plastik dari petugas sebagai tempat sampah supaya tidak membuang sampah sembarangan.

*Note: harga bisa berubah sewaktu-waktu
Bahkan jika kamu mengembalikan plastik tersebut dengan terisi penuh sampah yang kamu kumpulkan dari kawasan wisata alam hutan mangrove pik, kamu akan mendapatkan minuman gratis. Lumayan tuh dapat minum gratis. hhhe

**Lokasi Hutan Mangrove PIK

Taman wisata alam angke pantai indah kapuk Hutan Mangrove PIK berada di Angke, Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
Jalan Garden House, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.

Saran : Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik menggunakan google map. Karena Lokasinya cukup bekelok dan diujung. So, gunakan SMartphone kalian ya..!! 😉
Buka jam 07:00 – 18:00. Kontak: 021-2903 3066 | 0815 8030 933 | 0819 3225 4370

**Tips Berwisata di Hutan Mangrove PIK

Tips ini berlaku untuk berwisata di hutan mangrove PIK ataupun tempat dengan medan yang sama.

Oke deh, agar perjalanan wisata kamu nyaman, sebelum berangkat ke Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pik, ada baiknya ikuti tips berikut ini :

1. Pakaian

Pakaian yang indah, belum tentu indah disetiap keadaan. Maksud saya, sesuaikan dengan kondisi lingkungan. taman wisata Hutan Mangrove Pik cuacanya cukup panas. Wajar saja, karena lokasinya dekat dengan pantai.

Usahakan memakai pakaian yang adem di badan. Walaupun panjang, tidak apa apa, untuk menutupi tubuh kamu agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung, asal bahannya tidak terlalu tebal.

Sebenarnya hak kamu mau memakai pakaian apapun, setidaknya sesuaikan dengan keadaan lingkungan dan yang pasti tetep bikin nyaman.

2. Alas kaki
Ini masih ada kaitannya dengan yang diatas, yaitu yang kamu kenakan. Keadaan lingkungan di Hutan Mangrove PIK masih benar benar alami sehingga jalanan pun kebanyakan tanah. Hanya dibagian bagian tertentu saja yang beraspal.

Diarea sekitar Hutan Mangrove PIK, kamu akan melewati jalanan yang menggunakan bambu atau kayu, bahkan kebanyakan itu. Dengan keadaan jalan seperti itu, tentunya tidak memungkinkan jika pengunjung khususnya cewek menggunakan sepatu high heels. Jangan sampai hal hal yang tidak diinginkan terjadi hanya gara gara salah memakai sepatu, seperti jatuh, terpeleset, tergelincir, hak nya masuk ke cela cela bambu atau kayu. Jadi, lebih baik memakai flat shoes, flat sandals, sneakers agar jauh lebih nyaman. Jika kamu ingin mengenakan jenis sepatu oxford atau ballet flat, masih cukup aman. Hindari mengenakan sepatu jenis wedges, pumps, stiletto, Kitten Heels dan statement heels.

3. Perbekalan
Sekali berwisata bikin kantong jebol, pastinya kamu ga mau kan? Supaya lebih hemat, ga menguras isi kantong, usahakan membawa perbekalan dari rumah, seperti nasi, tentunya dengan lauk pauknya, cemilan, seperti snack dan makanan ringan lainnya, dan minum.

Di Hutan Mangrove PIK, hanya ada satu kantin, itu pun hanya menjual minuman serta cemilan seperti snack. Tidak menjual nasi. Harganya pun lumayan mahal.

Jadi, pastikan perut kamu kenyang jika merasa repot untuk membawa bekal. Tapi, jika kamu membawa bekal, secukupnya saja, jangan banyak banyak ya, nanti dikira mau jualan lagi. Hahaha

4. Kamera
Berwisata tanpa berfoto, ibarat makan tanpa lauk, hambar vroh. hihihi. Saat berwisata, tentunya kita ingin mengabadikan momen tersebut, satu satunya cara yaitu dengan berfoto.

Mulai dengan menggunakan kamera hp, bahkan dengan kamera SLR, DSLR, dan kawan kawannya, supaya kualitas foto yang didapat bagus. (tapi tetap harus bayar yaa kalo menggunakan kamera selain HP) 😀

Tapi, jika kamu berwisata ke Hutan Mangrove PIK, bagi yang mengenakan kamera yang telah dijelaskan diatas, akan dikenakan denda.

Kecuali jika kamu membayar sesuai tarif. Jadi, jika cuma modal kamera, gada uang buat bayar, mending siapin hp dengan kualitas kamera yang bagus. Daripada berat berat bawa kamera tapi tetap gak kepake juga.
Tips Memotret di Hutan Mangrove PIK

Oke, pengen foto di Hutan Mangrove Jakarta pake SLR itu mahal. Tapi kamu masih tetep bisa memotret pake kamera hape kan?

**Ada beberapa tips agar gambar yang dihasilkan kamera ponsel tetap bagus tanpa menggunakan kamera digital lainnya.

1. Perhatikan waktu kunjungan

Datanglah saat matahari cukup untuk pencahayaan foto kamu. Jangan datang ketika matahari masih terlalu tinggi atau sekitar pukul 11–14. Waktu terbaik untuk mengunjungi Hutan Mangrove Jakarta:

Pagi: Pukul 08.00-10.00 Wib
Sore: Pukul 15.30 (hingga menjelang sunset)

Jika beruntung, kamu bisamelihat sunset yang sempurna menjadi objek foto.

2. Space yang cukup

Carilah spot dengan ruang yang cukup untuk mendapatkan beberapa pilihan angle. Jangan terlalu memaksakan jika spot tertentu sedang ramai pengunjung. Antrilah untuk mendapatkan momen yang kece.

3. Manfaatkan objek alam

Tempat ini memiliki kepadatan pohon yang cukup rapat. Manfaatkan objek di sekitar sebagai frame atau background alami pada foto. Lakukan dengan tanpa merusak alam

Selamat liburan diakhir pekan … 🙂 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *