Hutan Mangrove

20090109_2681

Yuk Berkunjung Ke Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Atau PIK

Hutan mangrove merupakan kawasan hutan yang dipenuhi oleh aneka tanaman mangrove, hutan ini biasa disebut dengan sebutan hutan bakau. Hal ini disebabkan karena habitat asli tanaman mayoritas di kawasan hutan ini adalah tanaman mangrove yang hidup diantara tanah basah berlumpur.

Hutan mangrove sendiri memang memiliki kegunaan dalam kehidupan manusia, dimana hutan mangrove dipergunakan sebagai benteng pertama habitat asli daratan akan terjangan ombak dan arus air laut yang mana mampu mengikis tanah daratan dan juga mampu menjadi stabilisator ekosistem yang ada di daratan dan lautan.

Bisa dibilang tanaman mangrove merupakan tanaman area pertengahan antara daratan dengan lautan.

Hutan mangrove di Indonesia sendiri banyak dibudidayakan untuk kepentingan kampanye go green yang memang sedang marak digalakan oleh pemerintah maupun organisasi lingkungan hidup yang ada di Indonesia. Peranan dan fungsi hutan mangrove memang vital bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada di daratan.

Inilah kenapa hutan mangrove meski terlihat sepele namun memiliki posisi yang penting dalam menjaga ekosistem alam baik di daratan maupun di lautan secara lebih stabil dan lebih baik lagi.

Daerah Jakarta memiliki juga hutan mangrove seperti Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Wilayah Pantai Indah Kapuk sering disingkat dengan singkatan PIK, jadi hutan mangrovenya pun sering disebut Hutan Mangrove PIK.

Pada ragam kali ini kita akan mengupas seputar kegiatan berkunjung ke Hutan Mangrove PIK yang ada di wilayah pesisir utara wilayah kota Jakarta.
Berkunjung Ke Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK berada di sebelah wilayah utara kota Jakarta, tepatnya di daerah Pantai Indah Kapuk yang memiliki luas hutan 1.114 Hektar.

Hutan mangrove disini sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan kolonial Belanda, dimana saat itu daerah Hutan Mangrove PIK juga sudah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam oleh pemerintah Belanda.

Jpeg

Hingga saat Indonesia merdeka sampai dengan sekarang daerah Hutan Mangrove PIK juga masih menjadi daerah hutan yang menjadi cagar alam, dimana keberadaannya sangat dilindungi oleh pemerintah sebagai fungsinya sebagai suaka alam bagi habitat asli hutan mangrove pada kebanyakannya.

Daerah Jakarta memang sering menerima aliran banjir rob dari laut sejak jaman dahulu.

Dengan adanya hutan mangrove ini, memang banjir kiriman yang dari laut menuju kota Jakarta diharapkan bisa berkurang dimana kegiatan menanam pohon mangrove secara rutin sudah digalakkan belakangan terakhir.

Habitat asli dari hutan mangrove yang ada disini juga dibiarkan berkembang biak secara alami.

Jika kita mencoba berkunjung ke lokasi Hutan Mangrove PIK ini, tentu kita akan mendapati sebuah kawasan hutan mangrove yang becek dan berlumpur.

Namun jangan khawatir karena rute jalan berupa dek kayu yang dipasang untuk menelusuri keseluruhan area hutan mangrove sudah dibangun, jadi kita bisa berjalan – jalan berkeliling dengan aman.

hutan mangrove jakarta

Berkeliling menelusuri area Hutan Mangrove PIK juga dapat dilakukan dengan menyewa perahu motor yang sengaja disewakan di tempat ini.

IMG_20150913_134141

Pengunjung bisa naik dan menyusuri area hutan mangrove lewat jalur air, tentu akan lebih seru seolah – olah kita sedang berpetualang menjelajah di kawasan Hutan Mangrove PIK ini.

Tempat berupa menara tempat melihat sudut pemandangan hutan mangrove dari atas bisa kita coba ditempat ini.

Menara pengawasan ini sering dimanfaatkan untuk melihat keindahan hutan mangrove yang ada disini serta melihat habitat burung yang menjadi penghuni asli hutan mangrove ini.

Wah seru kan? Kita bisa naik memakai alat berupa teropong untuk melihat – lihat suasana sekitar dan juga kumpulan burung yang sedang beraktifitas di kawasan hutan mangrove ini.

Tempat penginapan berupa villa dan rumah tenda juga bisa kita temukan di kawasan wisata Hutan Mangrove PIK ini. Kita bisa mencobanya dimana kita bisa berpetualang dan mendekatkan diri secara lebih kepada alam lewat hutan mangrove ini.

wisata mangrove_1
Tempat-Wisata-Mangrove-Pantai-Indah-Kapuk

Aktifitas wisata seperti belajar menanam pohon mangrove yang dibudidayakan di pusat pembibitan di area hutan ini, bisa menjadi sebuah pengalaman tersendiri. Disini kita akan menjadi lebih tahu tentang seputar tanaman mangrove dengan karakteristiknya.

Manfaat dari pohon mangrove juga akan dijelaskan, sampai dengan aktifitas menanam pohon mangrove bersama dengan didampingi oleh para ahli yang bertugas di pusat pembibitan pohon mangrove.

Jalan – jalan di kawasan hutan mangrove yang berudara segar dan alami tentu akan menjadi sebuah perjalanan jalan – jalan yang menyenangkan.

Taman-Wisata-Mangrove-Pantai-Indah-Kapuk1

Photo: jadituris.com

Udara bersih seperti ini tidak akan kita dapati di area perkotaan seperti kota Jakarta yang penuh dengan debu dan asap. Tingkat kesegaran udara di daerah sini sangatlah bagus untuk pernafasan.

Kumpulan hewan seperti kepiting yang sering menampakkan diri ketika air laut surut tentu bisa menjadi sebuah laboratorium alam yang sedap untuk dipandang.

Kita bisa memperhatikan kehidupan habitat asli seperti kepiting hutan mangrove yang memang menggunakan perairan yang berlumpur sebagai tempat tinggal asli bagi habitat mereka.

Intinya wisata ke dalam Hutan Mangrove PIK memang sangat seru. Cocok bagi para petualang alam sejati yang mana mereka biasanya mencintai alam melebihi diri mereka sendiri kebanyakan.

Tips Berkunjung Ke Hutan Mangrove PIK

20141222133210

Photo: www.nianastiti.com

Ada beberapa hal yang akan kami sampaikan yaitu tips seputar berkunjung ke tempat wisata seperti Hutan Mangrove PIK ini. Karena hutan mangrove memang berbeda dengan hutan pada kebanyakan dimana memang lokasinya yang secara langsung berdekatan dengan perairan laut. Berikut tipsnya, mohon disimak.

1. Siapkan topi pelindung kepala, kacamata, dan juga sun block cream

Karena hutan mangrove berada di dekat perairan laut, panas matahari yang begitu menyengat tentu kita membutuhkan penutup kepala seperti topi agar kita menjadi lebih nyaman dalam berjalan – jalan.

Jangan lupa membawa sun block cream jika anda takut kulit anda terbakar oleh sengatan matahari dan juga kacamata untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari yang menyengat.

2. Jangan meloncat dari jembatan dek kayu yang menjadi tempat berpijak

Jembatan dek kayu adalah alat untuk memberikan kemudahan kita dalam menjelajah area hutan mangrove. Jika anda berkunjung disini, jangan coba meloncat jika tidak ditemani oleh para ahli.

Takutnya binatang liar seperti ular nanti malah mengganggu, karena ular juga hidup di rawa – rawa seperti kawasan hutan mangrove PIK ini.

3. Siapkan kesehatan jasmani dan rohani

Kesehatan kita wajib kita persiapkan karena aktifitas mengunjungi hutan mangrove ini membutuhkan energi yang tidak sedikit. Karena jika tidak menyewa perahu maka kita wajib berjalan kaki di jembatan dek kayu yang disediakan disini.

Tentu jika kita tidak fit malah kita nanti akan sakit sehabis berkunjung ke kawasan hutan mangrove ini.

4. Pakailah pakaian yang bahannya bisa menyerap panas

Meski udara di hutan mangrove sejuk dan semilir namun sengatan matahari akan membuat kita berkeringat.

Nah anda wajib memakai pakaian yang bahannya bisa menyerap panas sehingga anda tidak berkeringat dan gerah selama jalan – jalan di Hutan Mangrove PIK ini.

5. Jagalah selalu kebersihan hutan mangrove

Selama berkunjung ke kawasan Hutan Mangrove PIK kita juga wajib menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan tetap asri dan alami.

Jika lingkungan hutan mangrove ini kotor tentu kita akan menjadi penyebab dan jadi pihak yang akan disalahkan.

Hutan mangrove sangatlah berguna bagi kita, jadi kebersihan area hutan mangrove wajib kita jaga bersama.

6. Berkunjunglah setelah matahari sudah tidak terik bersinar

Untuk menghindari sengatan matahari yang sangat terik saya sarankan untuk berkunjung di kawasan hutan mangrove ini sekitar jam 2 siang keatas, ketika matahari sudah tidak terik sinarnya. Jadi kita tidak terlalu merasakan panasnya yang menyengat badan.

Itulah tulisan mengenai aktifitas berkunjung ke Hutan Mangrove PIK.

Berwisata ke Hutan Mangrove PIK sebaiknya kita mengajak teman entah keluarga ataupun kenalan dekat kita agar kita bisa berbagi keseruan di tempat ini. Jangan sampai aktifitas wisata ke hutan mangrove ini menjadi sebuah kegiatan yang membosankan karena tidak ada yang menemani kita dalam seru – seruan di tempat ini.

Di hutan mangrove ini kita bisa berselfie ria mengabadikan setiap kegembiraan kita disini. Demikian tulisan ini dibuat semoga bisa menjadi media informasi yang bermanfaat bagi semua. Selamat berkunjung ke Hutan Mangrove PIK.

Informasi Dasar

Alamat Lokasi : Hutan Mangrove PIK, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Nomor Telepon Pengelola : +6221 29033066
Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Turis Lokal (Rp. 25.000,- per orang) dan Turis Asing (Rp. Rp. 250.000,- per orang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *