Istana Susu Cibugary – Peternakan Susu Sapi

Jakarta memang telah berkembang sebagai kota metropolitan. Meski demikian, di daerah yang terkenal dengan hutan betonnya itu masih terdapat tempat yang menawarkan wisata alam. Tempat yang dimaksud adalah Istana Susu Cibugary di Jakarta Timur.

1

Kata Cibugary dalam Istana Susu Cibugary merupakan kependekan dari Cibubur Garden Dairy. Tempat yang tepatnya berada di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur itu memang sebuah peternakan yang dibuka untuk agro wisata. Tempat yang letaknya tidak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur itu menawarkan wisata edukatif terutama yang berkaitan dengan dunia peternakan.

Istana Susu Cibugary berupa peternakan sapi perah yang dikelilingi kebun dan taman. Di sana juga terdapat kolam besar yang dinamai Kolam Arwana. Di atas kolam terdapat saung yang cocok digunakan untuk menikmati pemandangan area peternakan dan sekitarnya. Tempat wisata tersebut sangat cocok dijadikan destinasi wisata edukatif. Maka tidak mengherankan jika setiap tahun banyak siswa dari berbagai tingkat sekolah berkunjung ke sana.

Cibubur-Garden-Dairy

Istana Susu Cibugary menawarkan beberapa paket wisata yang dapat dipilih pengunjung. Paket yang ditawarkan adalah kegiatan mengenal dunia ternak sapi. Peserta kegiatan akan diajak mengenal lebih dekat berbagai tahap budidaya sapi. Pada tahap awal, pengunjung akan dikenalkan jenis serta warna-warna sapi. Anda juga bisa mencoba member makan ternak. Memasuki proses panen, wistawan dapat mencoba memerah susu. Selanjutnya, pemandu akan menunjukkan proses pasca panen mulai dari mengolah hingga susu siap dikonsumsi.

Peserta tur di Istana Susu Sapi Cibubur Garden Dairy juga diberikan informasi tentang pentingnya mengkonsumsi susu sapi. Seperti diketahui, susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk tubuh. Sayangnya masyarakat kita tidak gemar meminum susu. Konsumsi susu di tanah air adalah yang terendah dibanding negara Asia lain. Konsumsi susu di Indonesia hanya 12,85 liter per kapita per tahun. Sedangkan penduduk Malaysia, India, dan Singapura sudah mengkonsumsi lebih dari 44 liter.

Paket wisata edukatif Istana Susu Cibugary dihargai antara Rp 35.000 sampai Rp 65.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk beberapa botol susu pasteurisasi dan goodybagcibugary. Jumlah susu yang dibagikan peserta bervariasi tergantung paket yang dipilih yaitu antara satu hingga tiga botol. Pengelola Cibubur Garden Dairy juga memudahkan pengunjung untuk urusan bersantap. Anda bisa memesanpaket catering seharga Rp 25.000 yang lengkap dengan air mineral dan buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *