Monumen Lengkong – Mengenang Peristiwa Bersejarah

Monumen Lengkong adalah sebuah monumen yang dibangun pemerintah Kota Tangerang dan BSD pada tahun 1993 untuk memperingati Peristiwa Lengkong yang terjadi setelah berakhirnya Perang Pasifik, dimana dalam peristiwa itu 3 orang Perwira dari Resimen IV Tentara Republik Indonesia serta 34 Taruna Akademi Militer Tangerang tewas terbunuh. Lokasi Monumen Lengkong ini letaknya agak tersembunyi di bagian depan kawasan perumahan BSD, Tangerang Selatan.

Monumen Lengkong yang berbentuk tembok berwarna gelap dengan bidang agak melengkung kedalam setinggi lebih dari 2 meter dengan tulisan berwarna keemasan, berisikan catatan sejarah singkat terjadinya Peristiwa Lengkong, serta nama – nama mereka yang gugur dalam peristiwa itu.

23-monumen-palagan-lengkong

Bila ingin menyaksikan secara langsung suasana Monumen Palagan Lengkong, silakan datang langsung ke Tangerang Selatan. Dari Jakarta, arahkan kendaraan Anda menuju Tangerang lewat Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan dilanjutkan masuk Jalan Tol Tangerang-Merak. Setelah keluar dari tol masuk ke Jalan Raya Serpong. Ikuti jalan tersebut hingga menjumpai Jalan BSD Boulevard. Jalan tersebut akan mengantarkan anda ke perumahan BSD tempat Monumen Lengkong berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *