Museum Kehutanan Dan Taman Hutan Manggala Wanabakti

Berdirinya Museum Manggala Wanabakti bermula dari gagasan para sesepuh kehutanan dan para rimbawan yang bercita-cita ingin menyatukan kantor-kantor pusat kehutanan yang waktu itu masih terpisah sendiri-sendiri. Tidak dipungut biaya mengunjungi museum ini, dalam arti gratis cukup mengisi buku tamu. Pengunjung juga dapat mengeksplorasi hutan Indonesia melalui museum”.Pengunjung akan disambut oleh pohon pembicara setelah mengisi buku tamu. Pohon pembicara tersebut merupakan pohon jati yang berumur 139 tahun, menjulang tinggi hampir menyentuh atap gedung museum. Melalui rekaman suara, pohon itu bercerita tentang dirinya. Artifak-artifak disekitarnya membuktikan bahwa cerita sang pohon jati itu benar.Banyak hal lain yang dapat dipelajari dari koleksi museum.

1a

Jika ingin lebih mengetahui mengenai hutan Indonesia, anda dapat naik ke lantai dua. Anda akan mendapatkan pusat dokumentasi dan informasi yang menyimpan jutaan koleksi bahan pustaka ilmiah. Koleksi dalam bentuk buku maupun digital. Museum ini bisa jadi referensi untuk Anda dan keluarga untuk lebih mengenal fungsi hutan yang ada di Indonesia.

1d

 

Museum Manggala Wanabakti diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1983 oleh Presiden RI. Museum ini memiliki koleksi sebanyak 736 artefak mengenai gambaran sejarah kehutanan. Artefak-artefak tersebut ditampilkan di dalam dan di luar gedung. Artefak yang terdapat didalam gedung disusun dalam 9 vitrin, dan 5 diorama tipe hutan di Indonesia berupa: hutan alam, hutan jati, hutan pinus, hutan agathis, dan hutan payau lengkap dengan keadaan lingkungannya seperti adanya binatang-binatang yang tinggal di wilayah hutan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *