Taman Cattleya

Taman Cattleya

Taman ini mengambil nama salah satu jenis anggrek yang ada di dunia yaitu cattleya, yang diresmikan tanggal 1 Desember 2007. Taman ini memiliki danau, area parkir dan jogging track. Selain itu taman ini juga dapat digunakan sebagai sarana rekreasi keluarga. Pada waktu tertentu, taman ini juga digunakan sebagai tempat acara seperti ketika diselenggarakannya festival taman atau acara 17 Agustus yang dapat dinikmati publik.

Berada di wilayah Tomang Jakarta Barat berhadapan dengan Mal Taman Anggrek dan tidak jauh dari tol Kebon Jeruk. Sebagian masyarakat mengenal taman ini dengan nama Taman ASEAN atau Taman Tomang atau Taman Kampung Sawah, kini menjadi Taman Cattleya yang asri dan teduh.

Lahan RTH yang berada tepat di sisi jalan Tol Tomang, sebelumnya merupakan pemukiman kumuh, yang kemudian mulai dibebaskan secara bertahap dari tahun 2001 sampai dengan 2002 oleh Pemprov DKI Jakarta kawasan tersebut dibebaskan untuk kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Jakarta. Kemudian dibuatkan desain taman melalui sayembara oleh Pemprov DKI Jakarta sebelum dinamakan Taman Cattleya, proses pembangunan selesai tahun 2006 taman ini rencananya dibangun sebagai Taman ASEAN yang dilengkapi simbol-simbol ASEAN. Namun rencana tersebut belum terealisasi.

Taman ini ditumbuhi beberapa jenis tanaman hias dan pohon besar seperti jenis trembesi, beringin, kecrutan, yangliu dan glondongan tian. Tercatat di taman ini ada sekitar 948 pohon dan tanaman hias yang menghiasi taman kota ini. Tidak jarang taman ini juga menjadi area hunting bagi pengemar photography dan para pembuat film atau iklan.

Baca juga Seputaran tempat nongkrong yang asik !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *