TMII – Indonesia Mini di Jaktim!

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah salah satu tempat rekreasi yang sering dikunjungi dan yang paling populer. TMII merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta Timur dengan mengusung tema budaya Indonesia, sehingga dengan berkunjung ke TMII, Anda dapat menikmati seluruh kebudayaan Indonesia dalam satu lokasi.

Peta TMII

Peta TMII

Anda dapat melihat berbagai macam rumah adat khas dari setiap daerah. TMII juga menyediakan sarana rekreasi untuk anak dan berbagai jenis taman mulai dari taman anggrek, taman burung, taman kaktus, hingga taman budaya Tionghoa. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Snow Bay TMII

Snow Bay TMII

Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia.

TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari “Taman Mini Indonesia Indah”. Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini “Indonesia Indah” ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Tiket masuk dan jam buka
Harga tiket masuk dan parkir Taman Mini Indonesia Indah
Pengunjung: 10.000 Rupiah per orang
Sepeda: 1.000 Rupiah
Sepeda motor: 6.000 Rupiah
Mobil: 10.000 Rupiah
Bus / Truk: 30.000 Rupiah
Anda diharuskan membayar lagi untuk memasuki setiap wahana yang ada du dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Jam buka Taman Mini Indonesia Indah adalah setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 9 malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *